Cara Beli Saham Untuk Pemula

Cara Beli Saham Online

Cara Beli Saham Untuk Pemula – Bagi seorang pemula yang baru mulai berinvestasi, tentunya lebih banyak yang memilih Beli Saham Online karena lebih mudah, nah kalau kamu ingin mencoba berinvestasi maka kamu wajib mengikuti Cara beli saham yang benar untuk pemula.

Saya berani menyebutkan kalau Saham adalah investasi jangka panjang yang terbaik, namun ternyata banyak sekali masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui cara bermain saham saat ini.

Menurut data dari BEI atau Bursa Efek Indonesia jumlah investor saham aktif di bursa saham hanya kisaran 100 ribu investor saham di Indonesia saat ini.

Bahkan banyak dari investor-investor pemula yang gagal akibat kesalahan fatal dalam cara beli saham, ada sekitar 90% investor saham pemula di Indonesia yang gagal, yuk kita simak Cara Beli Saham yang benar untuk pemula.

Baca Selengkapnya: Tips Belajar Saham

Cara Beli Saham Untuk Pemula

Sebagai pemula kamu wajib ikuti langkah-langkah ini, dari memilih Broker Saham hingga Jual Beli Saham.

1.      Memilih Broker dan Buka Rekening Saham

Broker Saham

Broker merupakan member dari Bursa Efek Indonesia yang secara mumpuni dalam hal keuangan karena memenuhi modal minimum sesuai Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Lalu kamu wajib membuka Rekening Saham setelah memilih Broker yang benar, kamu hanya perlu mengisi formulir pembukaan rekening secara online dan mengirim data tersebut ke Broker yang kamu pilih.

Setelah berhasil, kamu bisa membuka Rekening dana nasabah untuk memulai setor modal dalam transaksi saham.

2.      Unduh Aplikasi Saham Online

Aplikasi Saham Online

Nah kamu juga wajib mempunyai aplikasi saham online di PC ataupun di Android yang diantaranya adalah Stockbit. Stockbit merupakan sebuah aplikasi yang bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas dan merupakan salah satu aplikasi trading saham terbaik di Indonesia.

Adapun aplikasi yang lainnya diantaranya adalah Ipotultima dari Indopremier, Most dari Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas, Mirae Sekuritas.

3.      Transaksi Beli Saham

Setelah kamu sudah memilih broker dan mengunduh aplikasi saham online, kamu bisa melakukan transaksi beli saham.

Pertama kamu harus tentukan saham yang ingin kamu beli, kamu juga harus ingat kode sahamnya agar lebih mudah. Setelah itu kamu lakukan order dan kamu akan diminta menentukan di harga berapa untuk membeli saham yang kamu pilih.

Agar lebih efektif kamu bisa memilih harga bid dan offer terendah di aplikasi tersebut, kalau ingin dapatkan harga termurah kamu bisa menunggu sampai ada penjual yang menurunkan harga jual ke harga beli yang anda inginkan.

Sesudah itu kamu bisa order beli, kamu bisa mengecek di halaman Portofolio kamu yang menunjukan kepemilikan saham yang kamu miliki saat ini.

4.      Transaksi Jual Saham Online

Setelah kamu mempunyai saham, kamu bisa menjual saham milik kamu di Aplikasi tersebut.

Cara menjual saham cukup mudah, kamu bisa memilih dan menentukan harga jual dan jumlah lembar saham yang akan dijual.

Jika kamu inginkan hasil penjualan yang lebih besar, kamu bisa pasang harga jual yang lebih tinggi. Namun dari harga jual saham menentukan seberapa cepat transaksi bisa dilakukan.

5.      Selesaikan Transaksi

Tentunya kamu wajib tahu dalam bursa ssaham penyelesaian transaksi dilakukan dalam waktu T+2 atau 2 hari setelah transaksi jual-beli dilakukan.

Setelah kamu sudah selesaikan transaksi saham, kamu wajib tahu berapa Fee Transaksi saham diantaranya adalah Fee Bursa Efek Indonesia, Fee Kliring Penjamin Efek Indonesia atau KPEI, Pajak transaksi 10% dari harga transaksi jual-beli saham, dan 0.15% untuk Brokerage Fee dari nilai transaksi jual beli.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *