4 Cara Mudah Membuka Rekening Saham Untuk Berinvestasi!

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang menarik. Hal ini dikarenakan instrumen pasar modal tersebut merupakan salah satu jenis instrumen yang bisa memberikan imbal hasil yang cukup besar dibandingkan instrumen investasi lainnya. Untuk bisa berinvestasi saham ini dilakukan dengan membuka rekening saham. Cara membuka rekening saham juga terhitung cukup mudah. Untuk kalian yang ingin mengetahui caranya membuka rekening saham adalah sebagai berikut ini.

Cara Membuka Rekening Saham Terbaik

1. Mempersiapkan Dokumen Pribadi

Cara pertama yang bisa kalian gunakan untuk membuka rekening saham. Dimana ada beberapa dokumen pribadi ini perlu untuk disiapkan. Ddokumen yang wajib disiapkan ialah kartu identitas berupa fotokopi KTP Warga Negara Indonesia (WNI) ataupun KITAS/ Passport untuk Warga Negara Asing (WNA) dan fotokopi Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP). Selain itu, kalian juga perlu disiapkan untuk fotokopi halaman di bagian depan atau cover buku tabungan dan membawa materai 6000 minimal dua buah.

2. Memilih Sekuritas

Kalian juga perlu mengetahui membuka rekening saham dan bukan di Bursa Efek Indonesia, tetapi di perusahaan sekuritas. Oleh sebab itu, langkah ini dilakukan untuk menentukan perusahaan sekuritas tempat kalian yang ingin membuka rekening saham. Perusahaan sekuritas ini juga disebut dengan pialang atau broker merupakan sebuah perusahaan yang telah memperoleh izin usaha dan diawasi oleh sebuah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk bisa melakukan berbagai kegiatan sebagai perantara perdagangan efek (broker).

Kalian juga bisa memilih sekuritas yang kredible dan cek apakah mereka memiliki izin sebagai Perantara Perdagangan Efek (PPE) atau Wakil Perantara Perdagangan Efek (WPPE) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tercatat oleh Bursa Efek Indonesia.

3. Mengisi Formulir Perusahaan Sekuritas

Hal lainnya yang bisa dilakukan untuk membuka rekening saham ialah mengisi formulir pembukaan rekening saham di perusahaan sekuritas yang kalian pilih. Formulir pembukaan rekening saham ini terdapat dua jenis, yaitu rekening efek untuk transaksi jual dan transaksi beli efek yang bisa dibayar dan diterima secara tunai pada waktu jatuh tempo.

Di Rekening Dana Investor (RDI), yaitu rekening di Bank atas nama investor yang terpisah dari rekening sekuritas dan digunakan untuk keperluan transaksi jual beli saham oleh para investor. Rekening ini biasanya bertujuan untuk memisahkan dana nasabah dengan dana perusahaan efek. Untuk pembukaan rekening asham semakin mudah dilakukan. Selain mendatangi langsung sebuah perusahaan sekuritas, formulir pembukaan rekening dan bisa diunduh melalui situs perusahaan. Saat ini sudah ada perusahaan sekuritas yang menawarkan pembukaan rekening dan hanya melalui aplikasi tanpa mengirimkan dokumen fisik.

4. Menyetor Deposit Awal

Masing-masing sebuah perusahaan sekuritas biasanya akan menetapkan besaran setoran awal minimum yang beragam dan berbeda-beda. Setoran awal ini akan masuk ke RDI milik investor. Setoran awal ini juga disyaratkan bermacam-macam, mulai dari harga sebesar 1 jutaan sampai dengan 10 jutaan bahkan lebih. Banyak berbagai perusahaan saham sekuritas yang bisa kalian andalkan dalam melakukan investasi.

Nah itu dia 4 daftar cara mudah membuka rekening saham untuk melakukannya investasi. Semoga cara ini dapat membantu kalian semua dalam memulai berbagai investasi terbaru di dunia saham. Cara ini bisa kalian andalkan untuk memulai investasi kalian, semoga dapat membantu kalian semua dan berhasil dengan berbagai keuntungan yang luar biasa!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *