Cara Memilih Saham Berkualitas di BEI

Cara Memilih Saham Berkualitas

Cara Memilih Saham Berkualitas di BEI – Tujuan utama dari sebuah investor saat bermain di Pasar Modal ialah menghasilkan laba atau keuntungan yang berlipat. Itu sebabnya para Investor Pemula harus bisa menganalisa dan melihat langsung laporan keuangan dari sebuah emiten yang telah daftar di BEI sebelum mulai terjun kedalam investasi.

Melakukan analisa kepada sebuah emiten merupakan langkah yang bijak sebelum mulai investasi, karena dengan mengandalkan analisa tersebut kamu bisa terhindar dari kerugian dari sebuah investasi saham. Nah berikut ini kami akan merangkum bagaimana Cara memilih Saham Berkualitas yang selalu mendatangkan profit.

Cara Memilih Saham Berkualitas

Langkah Pertama yang harus kamu lakukan dalam mencari sebuah saham berkualitas adalah:

1.  Kondisi Emiten

Kondisi Emiten merupakan hal yang paling penting dalam memilih saham berkualitas, karena kamu bisa menentukan sendiri apakah sebuah Emiten perusahaan tersebut berkualitas atau tidak dalam track recordnya.

Tidak semua emiten atau perusahaan besar bisa menjanjika saham yang berkualitas. Itu sebabnya kamu harus melakukan langkah berikutnya yaitu menganalisa pendapatan bersih dari sebuah emiten atau perusahaan tersebut.

2. Melakukan Analisas Pendapatan Emiten

Hal yang paling penting kamu lakukan setelah mengecek Kondisi Emiten adalah menganalisa pendapatan dari perusahaan tersebut. Kamu harus bisa mengecek statistik dari tahun-tahun sebelumnya.

Kamu bisa melihat statisknya secara keseluruhan dari tahun ke tahun yang selalu naik dan tidak menurun, Biasanya sebuah perusahaan akan menjual produk atau jasanya dengan harga yang semakin naik.

Biasanya Emiten perusahaan yang biak adalah menjaga konsistensinya dalam kenaikan laba bersih dan pendapatan totalnya. Jika, sebuah perusahaan yang mempunyai statistik pendapatan yang sering kali naik turun. Maka bisa terbilang kalau Emiten perusahaan tersebut kurang berkualitas.

Bagaimana dengan perusahaan yang berhasil menaikan labanya tapi penjualannya tidak naik? Ambol contoh seperti di Amerika Seritak yang Banyak sekali perusaahaan berhasil meningkatkan keuntungan namun penjualan yang tidak naik. Hal tersebut bisa dikatakan perusahaan tersebut mempunyai kebijakan Non Sales seperti memangkas biaya marketing, tenaga kerja, dan sebagainya.

Contoh perusahaan ini merupakan perusahaan yang sedang putus asa dan perusahaan yang tidak sehat. Perusahaan yang sehat ialah yang bisa mendapatkan angka penjualannya serta pendapatan bersihnya.

Kamu juga harus menganalisa arus modal dari perusahaan emiten, seperti arus keuangan untuk aktivitas perusahaan beserta dengan belanja modal.

Jika sebuah perusahaan yang mempunyai aliran dana yang baik, tentunya perusahaan tersebut akan tetap mendapatkan keuntungan dari penjualan dan pendapatan bersih.

Jika aliran dana yang buruk, seperti pemborosan dalam anggaran dan makin banyak hutang yang makin menumpuk. Jika hal ini terus terjadi perusahaan tersebut berpotensi akan kolaps atau bangkrut kalau aliran dananya sangat buruk.

3. History Harga Saham

Jika kamu ingin menanam modal ke perusahaan yang sudah kamu tentukan, sebelum itu kamu harus mengetahui Riwayar atau History dari Harga Saham tersebut.

History dari harga saham sebuah perusahaan bisa menentukan juga apakah perusahaan tersebut berkualitas atau tidak. Jika harga sahamnya cukup stabil maka bisa dikategorikan sebagai saham yang baik dan bisa mendapatkan profit.

4. Dividen

Tentunya salah satu perusahaan yang baik adalah membagikan Dividen tepat waktu kepada pemegang saham dan cenderung naik dari tahun sebelumnya.

Jika sebuah perusahaan yang mampu menghasilkan keuntungan yang besar, serta angka kapitalisnya sangat besar serta pembagian dividennya tepat waktu bisa dibilang perusahaan tersebut salah satu Perusahaan Blue Chip.

Blue Chip merupakan saham andalan di Bursa Efek Indonesia yang mempunyai angka kapitalis yang besar serta keuangan yang stabil. Di Bursa Efek Indonesia sendiri, perusahaan yang dikategorikan sebagai Blue Chip sangat banyak.

Baca Selengkapnya: Mengenal Saham Blue Chip Di Bursa Efek Indonesia.

Perusahaan yang dikategorikan sebagai Blue Chip merupakan jenis investasi yang paling menguntungkan, Namun kamu harus siap merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkan saham kelas atas ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *