sbobet gold markaspoker

Jenis Investasi Saham Yang Wajib Diketahui oleh Investor Pemula

Jenis Investasi Saham

Jenis Investasi Saham Yang Wajib Diketahui oleh Investor Pemula – Rasanya hampir setiap orang di Indonesia pernah mendengarkan kata saham bukan? Meski banyak yang pernah mendengar kata saham tapi kamu harus ketahui banyak sekali yang tidak mengetahui cara kerja dari saham-saham tersebut dan apa saja jenisnya.

Saham merupakan sebuah selembar kertas yang biasanya dibeli dalam satuan lot, yang dimana 1 lot mewakil 100 lembar saham. Biasanya perusahaan memberikan surat saham sebagai tambahan modal untuk mengembangkan bisnisnya agar semakin lebih besar.

Para investor yang memiliki kepemilikan saham berhak atas pembagian laba perusahaan setiap tahunnya yang biasa disebut dengan diveden.

Di perkembangan bisnis saham sendiri memiliki jenis-jenis saham tersendiri yang wajib diketahui oleh investor pemula. Berikut ini ada Jenis Investasi Saham yang wajib diketahui oleh para Investor-investor pemula.

Baca Selengkapnya: Tips Belajar Saham Untuk Pemula

Jenis Investasi Saham

Common Stocks

Common Stock atau biasa dikenal dengan Saham biasa, merupakan saham yang sering diperjual-belikan di dalam pasa modal. Saham ini merupakan jenis yang bisa mengklaim hak kepemilikan dan mendapatkan dividen tiap tahunnya.

Sebagai pemegang saham tentunya kamu bisa mendapatkan hak suara atas kebijakan-kebijakan baru dari perusahaan tersebut. Kamu juga berhak mendapatkan dividen atas pendapatan laba perusahaan di tiap tahunnya.

Preferred Stocks

Preferred Stocks merupakan jenis investasi gabungan antara Obligasi dan Saham Biasa. Banyak dari para Investor menyukai jenis investasi seperti ini. Para Investor mendapatkan 2 penghasilan tetap diantaranya adalah pendapatan dari bunga obligasi serta dan mendapatkan dividen dari saham biasa.

Obligasi merupakan sebuah surat hutang perusahaan kepada pemegang surat Obligasi tersebut. Jadi kesimpulannya adalah Preferred Stocks merupakan investasi biasa dengan kepemilikan obligasi.

Saham Atas Kepemilikan

Bearer Stocks

Bearer Stocks merupakan jenis saham yang tidak tertuliskan nama pemiliknya. Saham ini ditujukan agar mudah diperjual-belikan dari investor satu ke investor lainnya. Banyak dari Investor sengaja memilih saham ini untuk di jual kembali, meski tanpa nama di surat saham ini, Pemiliknya berhak mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham.

Registered Stocks

Registered Stocks merupakan sebuah sebuah kepemilikan sebuah saham atas nama pemegang yang tertulis jelas di surat saham tersebut. Dalam peralihannya sendiri harus mengikuti prosedur dari perusahaan.

Saham Atas Kinerja Perusahaan

Blue Chips Stocks

Blue Chips Stocks atau yang biasa di bilang saham Blue Chip, merupakan saham yang memiliki kinerja terbaik mulai dari angka kapitalisnya yang tinggi hingga reputasi yang bahkan di akui oleh nasional. Saham Blue Chip tentunya mempunyai angka kapitalis yang besar dengan pendapatan yang stabil serta selalu membayar dividen tepat waktu.

Income Stocks

Income Stocks merupakan jenis saham yang memberikan kinerja baik dan mampu membayar dividen lebih tinggi dari tahun lalu, Income Stocks juga memiliki kinerja yang baik dan angka grafisnya yang menaik.

Growth Stocks

Growth Stocks sebenarnya mempunyai 2 jenis yaitu Well-Known dan Lesser-Known. Well Known merupakan jenis saham yang mempunyai kriteria yang terus berkembang dan bahkan dikenal secara nasional.

Sedangkan Lesser-Known merupakan sebuah saham yang memiliki ciri Growth Stock, Perusahaan saham ini biasanya berada di pedaerahan dan kurang populer di kalangan emiten.

Speculative Stocks

Speculative Stocks merupakan jenis saham dengan resiko yang tinggi, saham ini mempunyai potensi yang sangat tinggi dalam menghasilkan laba, namun tidak secara konsisten mendapakan dividen tiap tahunnya.

Counter Cyclical Stocks

Counter Cyclical Stocks merupakan jenis saham dengan kinerja yang stabil meski kondisi ekonomi sedang bergejolak karena tidak terpengaruh oleh kondisi seperti resesi ekonomi maka harga saham ini tetap tinggi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *