Inilah Jenis-Jenis Saham yang Perlu Kalian Ketahui!

Saham ialah sebuah bukti kepemilikan yang wajib diketahui sebelum memutuskan sebuah investasi. Cukup banyak orang yang mengetahui jenis saham, hanya saja akan ada beberapa saja yang biasanya membeli dan menjual melalui aplikasi online trading. Saham ini sendiri hadir dnegan beberapa jenis yang bisa dibeli dan juga dijual pada aplikasi online trading. Sedangkan saham oini bisa kalian beli dan jual di aplikasi online trading. Kali ini, kami akan menjelaskan beberpaa jenis saham yang perlu kalian ketahui. Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini!

Jenis-Jenis Saham Terbaik di Indonesia

1. Biasa (Common Stock)

Biasa (Common Stock)

Jenis saham yang pertama ini merupakan salah satu saham yang memiliki hak klaim yang didasarkan pada sebuah laba maupun rugi yang diperoleh dari perusahaan dan juga emiten. Jenis saham ini sendiri adalah sebuah jenis yang paling umum diperdagangkan, baik itu ritel maupun korporat. Kepemilikan saham ini sendiri berupa Dividen, Hak Suara, dan hak memperoleh hasil penjualan kekayaan perusahaan setelah melunasi kewajiban jika sewaktu-waktu perusahaan terjadi kebangkrutan.

2. Preferen (Preferred Stock)

Preferen (Preferred Stock)

Sebuah jenis saham yang bisa kalian dapatkan dengan bagian hasil yang tetap dan memperoleh prioritas utama dari hasil penjualan aset jika perusahaan ini bangkrut. Ciri saham ini sendiri disamakan sebagai hasil penggabungan antara obligasi dan juga saham biasa. Saham ini memiliki ciri-ciri berupa memperoleh priorita terlebih dahulu dalam pemberian dividen, tidak memiliki hak suara, dan memiliki pengaruh pada manajemen atas pencalonan pengurus. Serta memiliki hak terima pembayaran senilai nominal saham setelah kewajiban ini dilunasi seadainya perusahaan ini dibubarkan.

3. Atas Unjuk (Bearer Stock)

Atas Unjuk (Bearer Stock)

Selanjutnya adalah salah satu saham yang nama pemiliknya tidak dituliskan agar mudah untuk dipindahtangankan dari satu investor ke investor lainnya. Dimana saham ini mudah dipindahtangankan darisatu investor ke investor lainnya. Melalui segi hukum, siapa yang menjadi pemegang sajam ini kana diakui sebagai pemilik dan memiliki hak hadir dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).

4. Blue chip stock

Blue chip stock

Saham satu ini merupakan salah satu jenis biasa yang memiliki kapitalisasi pasar lebih dari 10 triliun rupiah. Dimana pada umumnya jenis saham blue chip ini akan menjadi penggerak dalam sbeuah indeks industri sejenis bahkan menjadi salah satu indeks keseluruhan. Emiten saham ini tergolong sebagai blue chip yang memiliki pendapatan stabil dan selalu dalam membagikan dividennya.

5. Income Stock

Income Stock

Income Stock merupakan salah satu jenis saham yang memiliki pembayran dividen yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata dividen yang dibayarkan tahun sebelumnya, Dimana nilai ini diberikan lebih tinggi karena kemampuan perusahaan atau emiten dalam menghasilkan sbeuah laba yang lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya secra teratur.

6. Counter Cyclical stock

Counter Cyclical stock

Dan yang terakhir adalah salah satu jenis saham yang tidak terlalu berdampak pada keadaan ekonomi makro maupun bisnis lainnya secara umum. Dimana kondisi ekonomis ini sedang tidak baik dan masih tetap tinggi, jika emiten ini masih mampu dibagi-bagikan dividen yang cukup besar.

Nah itu dia 6 jenis saham terbaik yang bisa kalian gunakan dan andalkan dalam berinvestasi saat ini. Untuk kalian yang ingin berinvestasi, kalian bisa andalkan beberapa daftar jenis saham yang telah kami sebutkan diatas ini. Untuk kalian yang berada di dunia saham, penting bagi kalian untuk mengetahui beberapa jenis saham diatas ini!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *