CARA MENGATASI TERJADINYA RISIKO INVESTASI SAHAM AGAR TIDAK SALAH

Kebanyakan orang banyak yang takut dan juga gagap dalam mengambil langkah, karena mereka takut dengan risiko yang akan didapatkan ketika sedang melakukan investasi saham. Sebab invetasi dan juga risiko memang tidak bisa terhindarkan saat sedang melakukan investasi saham, mereka selalu berdampingan. Maka dari itu tinggal dari investornya saja bagaimana didapat mengantisipasi risiko yang terjadi tersebut. Meskipun dengan risiko yang berdampingan tersebut orang – orang tetap melakukan invetasi saham. Karena investasi saham itu mempunyai likuiditas yang baik, selain itu juga transaksi yang bisa dilakukan juga cepat bahkan tidak mencapai hitungan hari. Likuditas yang bagus akan membuat investasi dari saham tersebut, berpotensi menjadi kenaikan yang tinggi dalam setahun.

Dengan kenaikan tersebut terdapat risiko yang memang juga akan mengikuti, seiring dengan kenaikan dari harga yang dapat terjadi dengan cepat. Membuat saham itu termasuk ke dalam high risk high return, membuat harga dari suatu saham itu bisa berbalik arah dengan cepat membuat risiko yang terjadi pun berdampak pada kerugian yang tinggi bila dibandingkan dengan investasi lainnya. Lantas bagaimana caranya untuk bisa menghindari terkena risiko saat sedang melakukan investasi saham? Karena pastinya akan ada selalu solusi dari setiap permasalahan tersebut, maka dari itu agar kamu para calon investor saham simak ulasannya berikut ini tentang cara mengatasi terjadinya risiko investasi saham agar tidak salah.

1.Menggunakan Uang Dingin

Menggunakan Uang Dingin

Harga saham itu setiap harinya tidak pernah tetap atau misal terus menerus naik, tidak seperti itu. Karena hargasaham itu berfluktuasi setiap harinya alias terus mengalami perubahan pada setiap harinya. Jadi saat sedang melakukan investasi saham itu tidak akan terus menerus mendapatkan profit atau keuntungan. Sebab harga saham tadi yang memang tidak pernah tetap dan terus berubah di setiap harinya.

Sehingga membuat situasi seperti ini tidak dapat diprediksi dengan tepat, harga saham pada setiap harinya tersebut karena selalu berubah. Membuat tidak bisa terbayangkan apakah akan membuat tren itu menjadi naik atau bahkan tren tersebut akan turun. Membuat kamu perlu paham dengam strategi investasi saham dalam jangka panjang. Disarankan untuk menggunakan uang dingin, yang dimana uang dingin tersebut memang tidak dibutuhkan dalam jangka waktu tertentu.

2.Memulai Investasi dengan Dana Kecil

Memulai Investasi dengan Dana Kecil

Karena kamu tidak tahu bagaimana cara kerja saham itu dengan baik, karena mungkin jam terbang yang kamu miliki itu belum terlalu lama. Sehingga kamu tidak tahu betul dengan cara kerja dari saham tersebut, supaya kamu dapat terhindar dari salah langkah saat sedang melakukan investasi. Maka kamu bisa memulai investasi dengan menggunakan modal yang sedikit dahulu.

Ini dilakukan untuk mengurangi risiko dan juga memberikan kamu pengetahuan sedikit demi sedikit tentang saham. Memberikan kamu lebih banyak pengalaman tentang investasi saham secara lansung. Maka kamu harus mencobanya dengan memulai investasi saham dengan dana yang kecil.

3.Investasi Jangka Panjang dan Beli Bertahap

Investasi Jangka Panjang dan Beli Bertahap

Tujuan dari berinvestasi saham itu memang untuk dalam jangka waktu yang panjang atau lama, karena kebanyak dari para pelaku pasar modal itu bila melakukannya dalam jangka pendek itu disebut dengan strategi trading saham. Tetapi bila investasi saham dilakukan dalam jangka waktu yang pendek, justru risiko yang akan didapatkan lebih tinggi. Karena belumnya ada hasil investasi yang dilakukan dalam sebuah emite untuk mendapatkan profit yang sesua dengan target harga.

Melakukan investasi jangka panjang pun memang terdapat risiko di dalamnya, hanya saja dapat dikurangi dengan melakukan pembelian dengan bertahap. Menjadi seorang investor itu setidaknya harus tahu tentang cara menganlisis teknikal.

Itulah beberapa cara mengatasi risiko investasi saham.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *