sbobet gold markaspoker

Mengenal Istilah Yang Ada Di Bursa Saham

Istilah Bursa Saham

Mengenal Istilah Yang Ada Di Bursa Saham – Memulai berinvestasi sejak dini merupakan sebagian pilihan hidup orang, namun bagi kamu yang baru mulai berinvestasi saham tentunya harus mempelajari keuntungan dan resiko dari investasi saham.

Mungkin bagi Investor Pemula terkadang suka bingung dengan istilah-istilah yang ada di Bursa Saham saat ini, yuk kita pahami apa saja Istilah yang ada di Bursa Saham apa saja.

Mengenal Istilah Di Bursa Saham

1. Bursa Efek

Bursa Efek atau Bursa Saham adalah pihak atau pasar saham yang menyediakan atau mengadakan system untuk mempertemukan pembeli dan penjual saham.

Sebelumnya di Indonesia sendiri ada 2 bursa efek yaitu Bursa Efek Surabaya dan Bursa Efek Jakarta. Tetapi pada tahun 2007 lalu, keduanya di gabung menjadi Bursa Efek Indonesia atau biasa di sebut BEI. Di luar negeri pun punya Pasar sahamnya sendiri, seperti contoh New York Stock Exchange yang berada di jalan Wall Street New York.

2. Sekuritas

Mungkin bagi para investor pemula suka bingung dengan istilah Sekuritas atau yang biasa di sebut Broker, Perusahaan atau orang yang bekerja sebagai perantara antara investor dengan perusahaan utama dan bank.

Tentunya kamu sebagai investor pemula sudah mulai mencari broker atau perusahaan sekuritas yang akan menjadi perantara kamu dengan perusahaan saham.

3. Initial Public Offering (IPO)

Initial Public Offering atau yang disingkat IPO merupakan penawaran saham perdana dari sebuah perusahaan kepada masyarakat umum dengan tujuan memperoleh dana tambahan serta percepatan sebuah ekspansi dari perusahaan tersebut.

4.  Indeks Harga Saham Gabungan

Indeks Harga Saham Gabungan atau yang biasa disebut IHSG adalah pergerakan dari harga saham di BEI, Indeks Pasar Saham adalah statistik yang biasa di gunakan sebagai alat untuk mewakilkan karakteristik dari saham komponen yang diperjualbelikan dalam sebuah pasar saham.

Jadi artinya adalah IHSG merupakan sebuah gerakan saham gabungan dari semua perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

5. Blue Chip

Blue Chip merupakan sebuah kumpulan saham unggulan dari perusahaan professional dengan reputasi baik dan di akui oleh Negeri. Saham Blue Chip sendiri di mata BEI merupakan perusahaan yang sangat kuat dari segi finansial, manajemen, dan selalu membagikan dividen yang cukup memuaskan dengan tepat waktu.

Contoh Perusahaan Blue Chip seperti Facebook, Google, Indofood, Apple, Samsung, Unilever, BCA, dan masih banyak lagi.

Baca Selengkapnya: Mengenal Saham Blue Chip Di Bursa Efek Indonesia

6. Lot

Lot merupakan jumlah satuan minimal dalam saham penjualan atau pembelian saham, berarti 1 lot berisi 100 Lembar Saham. Jadi jika kamu ingin memulai investasi saham, siapkan sejumlah uang yang cukup untuk membeli 100 lembar saham.

Contoh jika saham perusahaan A dijual dengan minimal pembelian saham Rp. 4.000 perlembar, kamu berarti harus kalikan dengan 1 lot jadi hasilnya adalah Rp. 400.000.

7. Offer

Offer merupakan Penawaran yang diminta oleh pihak investor (penanam modal) yang ingin menjual sahamnya. Misalkan jika seorang Investor memulai saham untuk di perjual belikan yang diharapkan bisa mendapatkan keuntungan.

8. Bullish

Bullish merupakan istilah di Bursa Efek yang biasa dipakai untuk menyebutkan sebuah pergerakan saham yang cenderung tinggi dalam waktu tertentu.

9. Bearish

Bearish merupakan istilah di Bursa Efek yang biasa dipakai jika pergerakan saham sedang menurun di waktu tertentu.

10. Capital Gain

Capital Gain adalah Harga ketika kita menjual saham dengan harga yang lebih besar dari harga yang waktu kita beli.

Jadi contoh jika kamu mempunyai Harga Saham Perusahaan A Rp. 4.000/Lot lalu kemudian kamu menjualnya dengan harga Rp. 4.500/lot jadi kamu mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 500/lot. BIsa disebut Capital Gain adalah keuntungan ketika menjual saham dengan harga yang tinggi daripada saat membelinya.

11. Capital Loss

Capital Loss adalah kebalikan dari Capital Gain, Ketika kamu membeli saham dengan harga lebih besar dari harga jualnya yang rendah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *