Pengertian Capital Gain Beserta Contohnya

Bagi anda yang berkecimpung didunia saham, pasti anda tau bahwa didalam saham ada yang namanya Capital Gain.

Nah kalian tau gak sih apa itu capital gain? Yuk simak artikel ini sampai selesai karena disini saya akan membahas mengenai Pengertian Capital Gain lengkap kepada anda semua.

Istilah ini sangat sering digunakan ketika anda melakukan trading saham, maka dari itu anda wajib tau pengertian dari istilah Capital Gain.

Pengertian Capital Gain

Capital Gain merupakan keuntungan yang diperoleh dari penjualan aset modal seperti investasi atau real estate dimana harga jual jauh melebihi harga pembelian.

Jadi jelasnya Capital Gain adalah keuntungan yang akan kamu dapatkan dari selisih harga jual dikurangi harga beli suatu saham. Dengan hal ini anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar jika selisih yang dihasilkan sangat jauh dari harga awal beli.

Ada 3 macam biaya yang tidak bisa kamu masukan ke dalam perhitungan capital gain seperti bunga pinjaman bank, biaya cat yang dibayar saat properti disewakan hingga biaya body corporate. Karena ketiga biaya ini nantinya akan diklaim dalam pelaporan pajak penghasilan sebagai pengurang pajak untuk penghasilan kena pajak.

Contoh Capital Gain

Imron membeli saham BBCA seharga 100.000 sebanyak 10 lot, kemudian dia menjual kembali saham tersebut dengan harga 150.000 jadi dia akan mendapatkan keuntungan capital gain sebesar

  • Harga beli ; 100.000 x 10 = 1.000.000
  • Harga jual ; 150.000 x 10 = 1.500.000
  • Capital Gain = 500.000

Untuk capital gain anda bisa mendapatkannya melalui investasi jangka pendek atau jangka panjang. Sedangkan jika anda kehilangan uang untuk investasi maka anda akan mengalami Capital Loss dimana Capital Loss bisa mengurangi pajak anda.

Jika capital loss melebihi capital gain anda, maka anda bisa mengurangi kerugian dari penghasilan yang anda miliki.

Capital gain biasanya terkait dengan saham dan dana karena volatilitas hrga yang melekat, hampir semua yang anda gunakan dan miliki adalah aset modal dan akan dikenakan pajak teratur.

Kesimpulan

Anda sudah membaca informasi mengenai pengertian capital gain, semoga saja dengan penjelasan ini anda jadi lebih paham. Apa itu Capital gain dan fungsinya untuk apa. Bagi anda yang masih kebingungan jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *