Pengertian Pasar Global Serta Manfaatnya Bagi Investor

Pasar Global

Pengertian Pasar Global Serta Manfaatnya Bagi Investor – Mungkin kamu yang baru terjung ke Dunia Saham hanya tahu Pasar Modal lokal atau dalam negeri saja. Kamu harus tahu kalau Pasar Global mempunyai banyak sekali manfaatnya.

Agar kamu mengetahui dasar serta manfaat dari Pasar Global kamu harus simak Artikel dibawah ini yaitu Pengertian Pasar Global Serta Manfaatnya Bagi Investor.

Pengertian Dan Manfaat Pasar Global Bagi Investor

Pasar Global atau Pemasaran Global merupakan tempat terbuka bagi semua pelaku usaha, tidak terkecuali di pasar ekspor.

Pasar Global bisa dibilang merupakan tempat pemasaran seluas dunia, disini peluang pemasaran akan selalu terbuka untuk semua para pelaku usaha, asal seorang pelaku usaha harus tetap melakukan inovasi-inovasi baru dan kreatif mengembangkan pasar.

Pasar Global merupakan sebuah tempat yang paling tepat untuk mengekpansi usaha agar semakin besar, Warga di Indonesia yang ingin melakukan ekspansi sahamnya di perusahaan asing juga terjun kedalam pasar Global karena keuntungan yang lebih menjanjikan dari pasar modal lokal.

Di Indonesia sendiri ada perusahaan yang berhasil dalam pasar Global seperti Bio Farma dan Sido Muncul, dan tentunya ada sebagian warga Negara Indonesia yang telah meraih kesuksesan dalam berinvestasi di dalam Pasar Global.

Manfaat Pasar Global sendiri ada banyak diantaranya adalah:

1. Manfaat dari peluang untuk pertumbuhan ekonomi serta untuk memperbesar ekspansi agar perusahaan semakin lebih besar dan mempunyai berbagai cabang di seluruh Negeri.

2. Untuk Bertahan Hidup, dimaksudkan adalah untuk menjaga bisnis atau usaha tetap bertahan hingga berpuluh-puluh tahun kemudian. Bertahan Hidup juga bisa diartikan membuat sebuah Negara tetap bertahan kokoh karena perputaran uang dalam pasar global maupun pasar modal lokal.

Untuk seorang Investor yang terjun ke pasar global itu sendiri bertujuan bisa mempunyai saham – saham papan atas seperti perusahaan yang telah di akui di seluruh Dunia seperti Google, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Harga Saham di Pasar Modal lokal dan Pasar Global tentunya sangat berbeda, ambil contoh jika seorang investor di Indonesia mempunyai saham perusahaan lokal dengan harga 1 lembar sekitar Rp. 29.975 berarti harga 1 lotnya adalah Rp. 2.997.500.

Sedangkan saham Pasar Global yang kita ambil contohnya adalah harga 1 lot Saham Facebook yang diperdagangkan di pasar global. Harga 1 lembar dari Saham ialah 240.28 USD yang berarti harga 1 Lotnya sekitar 24028 USD.

Nah kedua contoh tersebut merupakan Saham Blue Chip di pasar lokal maupun pasar Global, tentunya kalau ingin berinvestasi saham yang ingin meningkatkan keuntungan berlipat lebih dari pasar lokal adalah Pasar Global.

Namun, kamu juga harus tahu kalau pasar global memiliki resikonya tersendiri diantaranya adalah

1. Biaya yang sangat mahal karena nilai tukar uang dari berbagai Negara berbeda.

2. Fluktuasi Nilai Tukar dapat mempengaruhi portofolio kamu.

3. Resiko Informasi yang terbatas mengenai pasar di Negara – Negara Lain.

4. Perbedaan Pandangan Politik yang dapat memicu regulasi pasar dan sebagainya.

Kamu juga harus tahu, kalau sebuah emiten lokal bisa berpotensi bisa masuk ke pasar global karena kebutuhan yang sangat besari di Dunia. Contoh perusahaan lokal yang telah menembus pasar global seperti Perusahaan farmasi Bio Farma.

Kalau kamu ingin mencari Perusahaan Emiten Lokal yang ingin menembus pasar global, pertama kamu harus cari tahu Cara Memilih Saham Berkualitas terlebih dahulu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *